MAKALAH PROCESSOR/CPU

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat mengerjakan makalah Pengantar Teknologi Informasi ini dengan baik dan lancar. Kami berharap makalah ini dapat memberikan motivasi kepada para mahasiswa-mahasiswi STIKOM  PGRI  Banyuwangi untuk lebih giat mempelajari dengan dalam hakekat yang terkandung dalam Teknologi Pengantar Informasi ini.

Kami juga meminta maaf  yang sebesar-besarnya apabila ada kekurangan, kesalahan bahkan kata-kata yang tidak berkenan di hati dan disisi lain kami sangat mengharapkan ada masukan baik kritik maupun saran dari saudara. Sehingga penyusun dapat memperbaiki apa yang jadi kekurangan kami karena tidak ada manusia yang sempurna kecuali Allah SWT.

Akhir kata kami mengharapkan makalah ini banyak manfaatnya bagi kami sendiri khususnya maupun semua pihak pada umumnya.

Penyusun

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bkerja otomatatis. Istilah komputer (computer) di ambil dari bahasa latin computer yang berarti menghitung (to comaipute/to reckon). Kunci kesuksesan dalam belajar pengantar teknologi informasi ini adalah pada kemampuan memahami tiga hasil pokok pengantar teknologi informasi, yaitu kegunaan, jenis – jenisnya dan cara kerjanya. Dengan penjelasan ini maka kami di tujukan untuk pembuatan makalah pengantar teknologi informasi yang bertema prosessor/CPU.

Processor ini biasanya sering di sebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang di dukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem computer  dan di gunakan sebagai pusat /otak dari computer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah di sediakan oleh motherboard, dan dapat sesui dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan computer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

1.2 Tujuan

1.2.1 Tujuan Umum

Dengan di adakannya pembuatan makalah pengantar teknologi informasi ini supaya kami dapat memperoleh pengetahuan dan keterempilan tentang ilmu pengantar teknologi informasi. Dengan makalah ini, kami juga dapat meningkatkan pemahaman tentang teori pengantar  teknologi informasi ini.

1.2.2 Tujuan  Khusus

Ø  Menambah pengetahuan dalam bidang Pengantar Teknologi Informasi

Ø  Menerapkan materi yang di peroleh dari kampus melalui kegiatan membuat makalah.

Ø  Menambah wawasan dalam bidang pengantar teknologi ionformasi.

1.3 Manfaat

Pembuatan makalah Pengantar Teknologi Informasi ini memberikan mamfaat kepada Mahasiswa – Mahasiswi STIKOM PGRI Banyuwangi, khususnya antara lain yaitu :

Ø    Sebagai penunjang dalam pembelajaran Pengantar Teknologi Informasi

Ø    Dapat mempermudah dan lebih memperdalam lagi materi Pengantar Teknologi Informasi, khususnya pada bab yang kami bahas.

BAB II

ISI

1.1 Sejarah Perkembangan Processor

2.1.1 Perkembangan Processor Dari Generasi Ke Generasi

PC didesain berdasar generasi-generasi CPU yang berbeda. Intel bukan satu-satunya perusahaan yang membuat CPU, meskipun yang menjadi pelopor diantara yang lain. Pada tiap generasi yang mendominasi adalah chip-chip Intel, tetapi pada generasi kelima terdapat beberapa pilihan selain chip Intel.

Processor merupakan bagian sangat penting dari sebuah komputer, yang berfungsi sebagai otak dari komputer. Tanpa processor komputer hanyalah sebuah mesin dungu yang tak bisa apa-apa. Processor yang kita pakai saat ini sudah sangat cepat sekali. Tentu saja untuk mencapai kecepatan sampai saat ini processor tersebut mengalami perkembangan. Nah berikut perkembangan processor mulai dari generasi 4004 microprocessor yang di pakai pada mesin penghitung Busicom sampai dengan intel Quad-core Xeon.

Perkembangan processor diawali oleh processor intel pada saat itu hanya satu² nya microprocessor yang ada. Tetapi pada saat ini sudah banyak beredar processor dari produsen yang lain, sehingga user sudah bisa mendapatkan processor yang beragam.

2.1.2 Microprocessor 4004 (1971)

Processor di awali pada tahun 1971 dimana intel mengeluarkan processor pertamanya yang di pakai pada mesin penghitung buscom. Ini adalah penemuan yang memulai memasukan system cerdas kedalam mesin. Processor ini dinamakan microprocessor 4004. Chip intel 4004 ini mengawali perkembangan CPU dengan mempelopori peletakan seluruh komponen mesin hitung dalam satu IC. Pada saat ini IC mengerjakan satu tugas saja.

2.1.3 Microprocessor 8008 (1972)
Pada tahun 1972 intel mengeluarkan microprocessor 8008 yang berkecepatan hitung 2 kali lipat dari MP sebelumnya. MP ini adalah mp 8 bit pertama. Mp ini juga di desain untuk mengerjakan satu pekerjaan saja.

2.1.4 Microprocessor 8080 (1974)

Pada tahun 1974 intel kembali mengeluarkan mp terbaru dengan seri 8080. Pada seri ini intel melakukan perubahan dari mp multivoltage menjadi triple voltage, teknologi yang di pakai NMOS, lebih cepat dari seri sebelumnya yang memakai teknologi PMOS. Mp ini adalah otak pertama bagi komputer yang bernama altair.Pada saat ini pengalamatan memory sudah sampai 64 kilobyte. Kecepatanya sampai 10X mp sebelumnya.
Tahun ini juga muncul mp dari produsen lain seperti MC6800 dari Motorola -1974, Z80 dari Zilog -1976 (merupakan dua rival berat), dan prosessor2 lain seri 6500 buatan MOST, Rockwell, Hyundai, WDC, NCR dst.

2.2 Generasi

2.2.1 Generasi 1 (Processor 8088 dan 8086)

Processor 8086 (1978) merupakan CPU 16 bit pertama Intel yang menggunakan bus sistem 16 bit. Tetapi perangkat keras 16 bit seperti motherboard saat itu terlalu mahal, dimana komputer mikro 8 bit merupakan standart. Pada 1979 Intel merancang ulang CPU sehingga sesuai dengan perangkat keras 8 bit yang ada. PC pertama (1981) mempunyai CPU 8088 ini. 8088 merupakan CPU 16 bit, tetapi hanya secara internal. Lebar bus data eksternal hanya 8 bit yang memberi kompatibelan dengan perangkat keras yang ada.

Sesungguhnya 8088 merupakan CPU 16/8 bit. Secara logika prosesor ini dapat diberi nama 8086SX. 8086 merupakan CPU pertama yang benar-benar 16 bit di keluarga ini.

2.2.2 Generasi 2 Processor 80286

286 (1982) juga merupakan prosessor 16 bit. Prosessor ini mempunyai kemajuan yang relatif besar dibanding chip-chip generasi pertama. Frekuensi clock ditingkatkan, tetapi perbaikan yang utama ialah optimasi penanganan perintah. 286 menghasilkan kerja lebih banyak tiap tik clock daripada 8088/8086. Pada kecepatan awal (6 MHz) berunjuk kerja empat kali lebih baik dari 8086 pada 4.77 MHz. Belakangan diperkenalkan dengan kecepatan clock 8,10,dan 12 MHz yang digunakan pada IBM PC-AT (1984). Pembaharuan yang lain ialah kemampuan untuk bekerja pada protected mode/mode perlindungan – mode kerja baru dengan “24 bit virtual address mode”/mode pengalamatan virtual 24 bit, yang menegaskan arah perpindahan dari DOS ke Windows dan multitasking. Tetapi anda tidak dapat berganti dari protected kembali ke real mode / mode riil tanpa mere-boot PC, dan sistem operasi yang menggunakan hal ini hanyalah OS/2 saat itu.

2.3 Kegunaan/Fungsi CPU
CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Saat sebuah program dieksekusi, data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus, yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian didekode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi yang sanggup menerjemahkan instruksi. Data kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika (ALU) yang melakukan kalkulasi dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan register supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam register, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke memori fisik, media penyimpan, atau register apabila akan mengolah hasil pemrosesan lagi. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.

2.4 Jenis – jenis Processor/CPU

Tentang Berbagai Jenis Prosesor

Ada banyak prosesor yang berbeda di pasar. Namun, hanya ada beberapa yang harus Anda pertimbangkan pembelian. Apakah Anda membeli komputer dari rak, membangunnya dari awal, atau upgrade CPU Anda, Anda harus menempatkan beberapa waktu dan pemikiran di mana prosesor untuk membeli. Pilihan yang Anda buat hari ini akan mempengaruhi kecepatan komputer Anda dan fungsi untuk tahun yang akan datang.

2.4.1        Jenis

Ada dua produsen utama mikroprosesor komputer. Intel dan Advanced Micro Devices (AMD) memimpin pasar dalam hal kecepatan dan kualitas. CPU Intel desktop termasuk Celeron, Pentium, dan Core. prosesor desktop AMD termasuk Sempron, Athlon, dan Phenom. Intel membuat Celeron M, Pentium M, dan prosesor Core mobile untuk notebook. AMD membuat versi seluler dari Sempron dan Athlon, serta prosesor Turion mobile yang datang di Ultra dan versi Dual-Core. Kedua perusahaan membuat kedua prosesor single-core dan multi-core.

2.4.2        Fitur

Setiap prosesor memiliki clock speed yang diukur dalam gigahertz (GHz). Juga, sebuah prosesor memiliki front side bus yang menghubungkan dengan random access memory sistem (RAM.) CPU juga biasanya memiliki dua atau tiga tingkat cache. Cache adalah jenis memori yang cepat yang berfungsi sebagai penyangga antara RAM dan prosesor. jenis socket ini prosesor menentukan motherboard dapat diinstal pada.

2.4.3        Fungsi

mikroprosesor adalah sebuah chip silikon yang berisi jutaan transistor mikroskopis. Chip ini berfungsi sebagai otak komputer. Ini proses instruksi atau operasi yang terkandung dalam program komputer yang dapat dieksekusi. Alih-alih mengambil instruksi langsung off dari hard drive, prosesor mengambil instruksi dari memori. Hal ini sangat meningkatkan kecepatan komputer.

2.4.4         Pertimbangan

Jika Anda berpikir tentang upgrade prosesor Anda sendiri, Anda harus memeriksa spesifikasi motherboard Anda terlebih dahulu. CPU Anda menginstal harus memiliki ukuran soket sama dengan slot pada motherboard. Juga, ketika anda menginstal sebuah prosesor baru, Anda mungkin perlu memasang heat sink dan kipas. Hal ini karena prosesor cepat menghasilkan panas lebih dari yang lambat. Jika Anda gagal untuk melindungi CPU baru Anda dari panas ini, Anda mungkin berakhir mengganti prosesor.

2.4.5   Ukuran

Ketika datang ke prosesor, hal ukuran. Apakah Anda membeli komputer baru atau upgrade lama Anda, Anda harus mendapatkan prosesor tercepat Anda mampu. Hal ini karena prosesor akan menjadi usang sangat cepat. Memilih prosesor 3,6 GHz selama hari 2 GHz bisa membeli Anda beberapa tahun waktu komputasi murah. Periksa juga kecepatan front side bus (FSB) ketika membeli komputer baru Anda atau CPU. Sebuah front side bus 800 MHz atau lebih besar sangat penting untuk kecepatan proses cepat. Cache prosesor juga penting. Pastikan memiliki setidaknya 1 MB cache tingkat terakhir jika memenuhi kebutuhan komputasi anda adalah rata-rata. Jika Anda seorang gamer ekstrim atau jika Anda menjalankan program intensif grafis, mendapatkan prosesor dengan cache terbesar yang sesuai anggaran Anda. Ada dapat ratusan dolar perbedaan ‘antara prosesor termurah dan yang paling mahal. Namun, investasi hanya sedikit uang ekstra bisa mendapatkan prosesor jauh lebih baik.

2.4.6         Manfaat

Mendapatkan prosesor dengan, dual core triple, atau quad dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kekuatan pemrosesan dari komputer Anda. Ini seperti memiliki dua, tiga, atau empat prosesor terpisah yang diinstal pada komputer Anda pada satu waktu. Prosesor ini bekerja sama untuk membuat multitask komputer Anda lebih cepat dan dengan efisiensi yang lebih besar. Mendapatkan CPU dengan bus front side yang lebih besar dapat meningkatkan kemampuan prosesor untuk berkomunikasi dengan RAM, yang akan meningkatkan kecepatan komputer Anda secara keseluruhan.

2.5   Operasi/Cara Kerja

Prosesor (CPU disebut, untuk Central Processing Unit) adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada kecepatan suatu berkat clock internal untuk sebuah kristal kuarsa yang, ketika mengalami sebuah kismis listrik, kirim pulsa, yang disebut “puncak”. Clock speed (juga disebut siklus), sesuai dengan jumlah pulsa per detik, ditulis dalam Hertz (Hz). Dengan demikian, komputer 200 MHz memiliki jam yang mengirimkan pulsa 200.000.000 per detik. Jam frekuensi umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem (FSB, Front-Side Bus), yang berarti kelipatan dari motherboard frekuensi.

Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian daripadanya. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi) memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi. Sebuah microprocessorâ € ™ daya sehingga dapat dicirikan dengan jumlah instruksi per detik yang ia mampu memproses CPI. MIPS (juta instruksi per detik) adalah satuan yang digunakan dan sesuai untuk prosesor dibagi dengan frekuensi.

2.5.1  Petunjuk

Sebuah instruksi adalah operasi dasar yang prosesor dapat menyelesaikan. Instruksi disimpan dalam memori utama, menunggu untuk diproses oleh prosesor. Sebuah instruksi memiliki dua bidang:

  • kode operasi, yang merupakan tindakan yang prosesor harus mengeksekusi;
  • kode operan, yang mendefinisikan parameter dari tindakan. Kode operan tergantung pada operasi.Hal ini dapat data atau alamat memori.
Kode Operasi Operand Lapangan

Jumlah bit dalam sebuah instruksi bervariasi menurut jenis data (antara 1 dan 4 byte 8-bit).

Instruksi dapat dikelompokkan berdasarkan kategori, di mana yang utama adalah:

  • Memory Access: mengakses memori atau mentransfer data antara register.
  • Operasi Aritmatika: operasi seperti penambahan, pengurangan divisi atau kelipatannya.
  • Logika Operasi: operasi seperti DAN, ATAU, TIDAK, TIDAK EKSKLUSIF, dll
  • Pengendalian: urutan kontrol, koneksi kondisional, dll

2.5.2 Register

Ketika prosesor mengeksekusi instruksi, data disimpan sementara dalam kecil, lokasi memori lokal, 16, 32 atau 64 bit 8 disebut register. Tergantung pada jenis prosesor, jumlah keseluruhan dari register dapat bervariasi dari sekitar sepuluh sampai ratusan.

Register utama adalah:

  • register akumulator (ACC), yang menyimpan hasil operasi aritmatika dan logika;
  • register status (PSW, Processor Status Word), yang memegang status indikator sistem (membawa digit, overflow, dll);
  • register instruksi (RI), yang berisi instruksi saat ini sedang diproses;
  • counter ordinal (OC atau PC untuk Program Counter), yang berisi alamat dari instruksi berikutnya untuk proses;
  • register buffer, yang menyimpan data sementara dari memori.

2.5.3 Memori Cache

Memori cache (juga disebut memori buffer) yang memori lokal yang mengurangi waktu tunggu untuk informasi yang tersimpan dalam RAM (Random Access Memory). Akibatnya, komputer memori utamalebih lambat dibandingkan dengan prosesor. Namun demikian, jenis memori yang lebih cepat, tetapi yang memiliki biaya yang sangat meningkat. Solusinya adalah karena itu untuk menyertakan jenis ini dekat memori lokal untuk prosesor dan untuk sementara menyimpan data primer untuk diproses di dalamnya.Model komputer terbaru memiliki tingkat yang berbeda dari memori cache:

  • Tingkat satu cache memori (disebut Cache L1, untuk Level 1 Cache) secara langsung terintegrasi ke dalam prosesor. Hal ini dibagi menjadi dua bagian:
    • bagian pertama adalah cache instruksi, yang berisi petunjuk dari RAM yang telah diterjemahkan saat mereka datang di pipa.
    • bagian kedua adalah data cache, yang berisi data dari RAM dan data terakhir digunakan selama operasi prosesor.

Level 1 cache dapat diakses dengan sangat cepat. Akses pendekatan waktu tunggu yang dari register prosesor internal.

  • Tingkat dua cache memori (disebut L2 Cache, untuk Level 2 Cache) terletak dalam kasus bersama dengan prosesor (dalam chip). Level dua cache perantara antara prosesor, dengan cache internal, dan RAM. Hal ini dapat diakses lebih cepat daripada RAM, tetapi kurang cepat dari cache satu tingkat.
  • Tingkat tiga cache memori (disebut L3 Cache, untuk Level 3 Cache) terletak pada motherboard.

Semua tingkat cache mengurangi waktu latency berbagai jenis memori saat memproses atau mentransfer informasi. Sementara bekerja prosesor, tingkat satu pengendali cache dapat antarmuka dengan kontroler dua tingkat untuk mentransfer informasi tanpa menghambat prosesor. Selain itu, dua antarmuka level cache dengan RAM (tingkat tiga cache) untuk memungkinkan transfer tanpa menghalangi operasi prosesor normal.

2.5.4 Sinyal Kontrol

Sinyal kontrol adalah sinyal elektronik yang mengatur berbagai unit prosesor berpartisipasi dalam pelaksanaan sebuah instruksi. sinyal kontrol dikirim menggunakan elemen yang disebut sebuahsequencer. Misalnya, Baca / Tulis sinyal memungkinkan memori yang akan diberitahu bahwa prosesor ingin membaca atau menulis informasi.

2.5.5 Unit Fungsional

Prosesor terdiri dari sekelompok unit terkait (atau kontrol unit). Mikroprosesor arsitektur sangat bervariasi dari satu desain yang lain, namun unsur utama dari sebuah mikroprosesor adalah sebagai berikut:

  • Sebuah unit kontrol yang menghubungkan data yang masuk, decode, dan mengirimkannya ke unit eksekusi: Unit kontrol terdiri dari unsur-unsur berikut:
    • sequencer (atau monitor dan unit logika) yang mensinkronisasikan eksekusi instruksi dengan kecepatan clock. Hal ini juga mengirim sinyal kontrol;
    • ordinal counter yang berisi alamat dari instruksi saat ini sedang dijalankan;
    • instruksi register yang berisi instruksi berikut.
  • Sebuah unit eksekusi (atau unit pengolahan) yang menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya oleh unit instruksi. Unit eksekusi terbuat dari unsur-unsur berikut:
    • Dan unit aritmatika logika (ALU ditulis). ALU melakukan perhitungan aritmatika dasar dan fungsi logika (AND, OR, EXCLUSIVE OR, dll);
    • Unit titik mengambang (ditulis FPU) yang melakukan perhitungan yang kompleks parsial yang tidak dapat dilakukan oleh unit aritmatika dan logika.
    • Status mendaftar;
    • akumulator Register.
  • Sebuah bus unit manajemen (atau input-output unit) yang mengelola aliran informasi yang masuk dan keluar dan bahwa antarmuka dengan sistem RAM ;

Diagram di bawah ini memberikan representasi yang disederhanakan dari unsur-unsur yang membentuk prosesor (layout fisik dari elemen-elemen berbeda dari tata letak yang sebenarnya mereka):

2.5.6 Transistor

Untuk memproses informasi, mikroprosesor memiliki sekelompok instruksi, yang disebut “instruksi set”,dimungkinkan oleh sirkuit elektronik. Lebih tepatnya, set instruksi dibuat dengan bantuan semikonduktor, “sirkuit kecil” switch yang menggunakan efek transistor, ditemukan pada tahun 1947 oleh John Barden, Walter H. Brattain dan William Shockley yang menerima Hadiah Nobel pada tahun 1956 untuk itu.

Sebuah transistor (kontraksi resistor transfer) adalah komponen semi-konduktor elektronik yang memiliki tiga elektroda dan mampu memodifikasi saat melewatinya menggunakan salah satu elektroda nya (disebut kontrol elektroda). Ini disebut sebagai “komponen aktif”, berbeda dengan “komponen pasif”, seperti resistensi atau kapasitor yang hanya memiliki dua elektroda (disebut sebagai “bipolar”).

A MOS (logam, oksida, silikon) transistor adalah jenis yang paling umum dari transistor digunakan untuk merancang sirkuit terpadu. MOS transistor memiliki dua dibebankan area negatif, masing-masing disebutsumber (yang memiliki muatan nol hampir) dan mengeringkan (yang memiliki muatan 5V), dipisahkan dengan yang dikenakan daerah positif, disebut substrat). substrat memiliki kontrol elektroda dilapis, disebut gerbang, yang memungkinkan biaya yang akan diterapkan pada substrat.

Ketika tidak ada muatan pada elektroda kontrol, tindakan substrat yang bermuatan positif sebagai penghalang dan mencegah gerakan elektron dari sumber mengeringkan. Namun, ketika charge diterapkan ke pintu gerbang, muatan positif substrat adalah ditolak dan saluran komunikasi yang bermuatan negatif dibuka antara sumber dan sia-sia.

Transistor karena itu bertindak sebagai saklar diprogram, berkat kontrol elektroda. Ketika charge diterapkan ke elektroda kontrol, ia bertindak sebagai interrupter tertutup dan, ketika ada tanpa dikenakan biaya, itu bertindak sebagai interrupter terbuka.

2.5.7 Sirkuit Terpadu

Setelah digabungkan, transistor dapat membuat sirkuit logika, yang, jika digabungkan, prosesor bentuk.Sirkuit terpadu pertama tanggal kembali ke 1958 dan dibangun oleh Texas Instruments.

MOS transistor sehingga menjadi irisan dari silikon (wafer disebut) yang diperoleh setelah beberapa proses. Ini irisan silikon dipotong menjadi elemen-elemen segi empat membentuk “sirkuit”. Sirkuit kemudian ditempatkan dalam kasus-kasus dengan konektor input-output dan jumlah dari bagian-bagian membuat sebuah “sirkuit terpadu”. The kecilnya dari ukiran, ditulis dalam mikron (mikrometer, Âμmtertulis) mendefinisikan jumlah transistor per unit permukaan. Ada dapat jutaan transistor pada satu prosesor tunggal.

Hukum Moore’s, ditulis pada tahun 1965 oleh Gordon E. Moore, pendiri Intel, memprediksikan bahwa kinerja prosesor (dengan perluasan dari jumlah transistor terintegrasi dalam silikon) akan berlipat ganda setiap dua belas bulan. Hukum ini telah direvisi pada tahun 1975, membawa jumlah bulan sampai dengan 18. Moorea € ™ s Hukum masih terbukti hari ini.

Karena kasus persegi panjang berisi input-output pin yang menyerupai kaki, istilah “elektronik” kutudigunakan dalam bahasa Prancis untuk merujuk ke sirkuit terpadu.

2.5.8 Keluarga

Setiap jenis prosesor telah menetapkan instruksi sendiri. Prosesor dikelompokkan ke dalam keluarga berikut, sesuai dengan set instruksi yang unik:

  • 80×86: “x” mewakili keluarga. Sebutkan Oleh karena itu dibuat untuk 386, 486, 586, 686, dll
  • ARM
  • IA-64
  • MIPS
  • Motorola 6800
  • PowerPC
  • SPARC…

Hal ini menjelaskan mengapa program diproduksi untuk jenis prosesor tertentu hanya dapat bekerja langsung pada sistem dengan jenis lain prosesor jika ada instruksi terjemahan, emulasi yang disebut.Istilah “emulator” digunakan untuk merujuk pada program melakukan terjemahan ini.

Instruction Set

Sebuah set instruksi adalah jumlah operasi dasar yang prosesor dapat menyelesaikan. Sebuah processorâ € ™ s set instruksi adalah faktor yang menentukan dalam arsitektur, bahkan meskipun arsitektur yang sama dapat mengakibatkan implementasi yang berbeda oleh produsen yang berbeda.

prosesor bekerja efisien berkat sejumlah instruksi, didesain untuk sirkuit elektronik. Kebanyakan operasi dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi dasar. Beberapa arsitektur, bagaimanapun, termasuk fungsi-fungsi prosesor canggih.

Arsitektur CISC

CISC (Complex Instruction Set Computer) arsitektur berarti KAWAT prosesor dengan instruksi kompleks yang sulit untuk membuat menggunakan petunjuk dasar.

CISC sangat populer di 80×86 tipe prosesor. Jenis arsitektur memiliki biaya tinggi karena fungsi-fungsi lanjutan tercetak pada silikon tersebut.

Instruksi panjang variabel dan kadang-kadang membutuhkan lebih dari satu siklus clock. Karena prosesor berbasis CISC hanya dapat memproses satu instruksi pada satu waktu, waktu proses adalah fungsi dari ukuran instruksi.

Arsitektur RISC

Prosesor dengan RISC (Reduced Instruction Set Computer) teknologi tidak memiliki terprogram, fungsi-fungsi lanjutan.

Program karenanya harus diterjemahkan ke dalam instruksi sederhana yang mempersulit pengembangan dan / atau membutuhkan prosesor yang lebih kuat. arsitektur tersebut memiliki biaya produksi berkurang dibandingkan dengan prosesor CISC. Selain itu, instruksi, sederhana di alam, yang dieksekusi hanya dalam satu siklus clock, yang mempercepat eksekusi program bila dibandingkan dengan prosesor CISC.Akhirnya, prosesor ini bisa menangani beberapa instruksi secara bersamaan dengan memproses mereka secara paralel.

2.5.9 Teknologi Perbaikan

Sepanjang waktu, mikroprosesor produsen (pendiri disebut) telah mengembangkan sejumlah perbaikan yang mengoptimalkan kinerja prosesor.

2.5.10 Pengolahan Paralel

Pengolahan paralel terdiri dari secara simultan melaksanakan instruksi dari program yang sama pada prosesor yang berbeda. Ini melibatkan membagi sebuah program menjadi beberapa proses ditangani secara paralel untuk mengurangi waktu eksekusi.

Jenis teknologi ini, bagaimanapun, memerlukan sinkronisasi dan komunikasi antara berbagai proses, seperti pembagian tugas dalam bisnis: kerja dibagi ke dalam proses diskrit kecil yang kemudian ditangani oleh departemen yang berbeda. Operasi perusahaan mungkin akan sangat terpengaruh bila komunikasi antara layanan tidak bekerja dengan benar.

2.5.11 Pipelining

Pipelining adalah teknologi yang meningkatkan kecepatan eksekusi instruksi dengan meletakkan langkah-langkah menjadi paralel.

Untuk memahami mekanisme pipelineâ € ™ s, pertama-tama perlu untuk memahami fase eksekusi dari sebuah instruksi. Pelaksanaan tahapan instruksi untuk prosesor dengan langkah 5-”klasik” pipa adalah sebagai berikut:

  • FETCH: (mengambil instruksi dari cache;
  • DeCODE: decode instruksi dan terlihat untuk operan (mendaftar atau nilai-nilai langsung);
  • EXECUTE: melakukan instruksi (misalnya, jika itu adalah instruksi ADD, penambahan dilakukan, jika instruksi SUB, pengurangan dilakukan, dll);
  • MEMORY: mengakses memori, dan menulis data atau mengambil data dari itu;
  • TULIS KEMBALI (pensiun): mencatat nilai yang dihitung di register.

Instruksi diatur dalam baris dalam memori dan dimuat satu demi satu.

Berkat pipa, pengolahan instruksi tidak memerlukan lebih dari lima langkah sebelumnya. Karena urutan langkah ini tak berubah (FETCH, deCODE, EXECUTE, MEMORY, TULIS BACK), adalah mungkin untuk membuat sirkuit khusus dalam prosesor untuk masing-masing.

Tujuan dari pipa ini adalah melakukan setiap langkah dalam paralel dengan sebelumnya dan langkah-langkah berikut, yang berarti membaca sebuah instruksi (FETCH) sedangkan langkah sebelumnya sedang dibaca (decode), sedangkan langkah sebelum yang sedang dieksekusi (EXECUTE), sedangkan langkah sebelum yang sedang ditulis ke memori (MEMORY), dan sementara langkah pertama dalam seri ini direkam dalam register (TULIS KEMBALI).

Secara umum, 1 sampai 2 siklus clock (jarang lebih) untuk setiap langkah pipa atau maksimal 10 siklus clock per instruksi harus direncanakan. Selama dua petunjuk, maksimum 12 siklus clock yang diperlukan (10 +2 = 12, bukan 10 * 2 = 20) karena instruksi sebelumnya sudah di dalam pipa. Kedua instruksi karena itu sedang diproses secara bersamaan, tetapi dengan penundaan 1 atau 2 siklus clock. Untuk 3 petunjuk, 14 siklus clock yang diperlukan, dll

Prinsip pipa mungkin dibandingkan dengan jalur perakitan mobil. Mobil bergerak dari satu workstation yang lain dengan mengikuti jalur perakitan dan benar-benar selesai pada saat meninggalkan pabrik. Untuk benar-benar memahami prinsip, jalur perakitan harus dipandang sebagai keseluruhan, dan bukan kendaraan dengan kendaraan. Tiga jam dibutuhkan untuk memproduksi kendaraan masing-masing, tapi satu diproduksi setiap menit!

Harus dicatat bahwa ada berbagai jenis pipa, bervariasi 2-40 langkah, tapi prinsipnya tetap sama.

2.5.12 Superscaling

Superscaling terdiri dari menempatkan unit pengolahan secara paralel untuk memproses beberapa instruksi per siklus.

2.5.13 HyperThreading

HyperThreading (ditulis HT) teknologi terdiri dari menempatkan dua prosesor logika dengan prosesor fisik. Dengan demikian, sistem mengakui dua prosesor fisik dan berperilaku seperti sistem multitasking dengan mengirimkan dua thread secara simultan, disebut sebagai SMT (Simultaneous Multi Threading).Ini “penipuan” memungkinkan sumber daya prosesor menjadi lebih baik dipekerjakan oleh menjamin pengiriman sebagian besar data ke proseso

2.6 Gambar/Foto Komponen

2.6.1 MAINBOARD/MOTHERBOARD

Gambar.Mainboard (klik gambar untuk memperbesar)

Mainboard merupakan komponen yang paling utama dalam CPU Anda. Mainboard merupakan tempat bersatunya semua komponen-komponen CPU yang membentuk sebuah benda yang dinamakan komputer. Oleh karena itu peranan mainboard sangat vital bagi bekerjanya sebuah komputer. Processor, VGA Card, Memory, Hardisk, CD-ROOM, PCI-Card, dan komponen-komponen lain dihubungkan oleh Mainboard.

Bagian-bagian utama pada sebuah mainboard antara lain:

1. Slot Processor (Socket Processor)

Slot ini berfungsi sebagai tempatnya processor atau otak dari komputer didalam CPU. Slot ini pun bermacam-macam, tergantung dari jenis processor yang Anda gunakan. Penjelasan tentang slot akan dibahas pada bagian Processor. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

2. Chipset Mainboard

Chipset mainboard merupakan otak dari mainboard itu sendiri, biasanya terdiri dari 2 buah chipset, Northbridge dan Southbridge. Keduanya berfungsi mengontrol hubungan antara komponen-komponen yang terhubung dengan mainboard dan menjaga kerja mereka. Lihat gambar!

3. Port VGA

Port VGA merupakan tempat dudukan bagi VGA Card, atau kartu grafis tambahan. Pada umumnya sebuah mainboard telah menyediakan kartu grafis yang telah terintegrasi dalam board dan terletak dibelakang deretan port-port lainnya (printer, mouse, keyboard, sound). Ada 2 jenis tempat dudukan bagi VGA Card ini, yang satu berjenis PCI-Express (untuk mainboard saat ini) dan yang satu lagi berjenis VGA Port (untuk mainboard jaman dulu). Penjelasan lebih lanjut tentang port VGA dan bentuknya dijelaskan pada bagian VGA Card. Bagi Anda yang menginginkan performa yang lebih dari sebuah Display Grafis dapat menambahkannya pada slot ini, karena display grafis (VGA) kemampuannya jauh dibawah VGA Card. Lihat gambar!

4. Port Panel Belakang

Bagian ini merupakan kumpulan dari port-port pendukung mainboard, diantaranya adalah port USB, port MOUSE, port KEYBOARD, port LAN, port PRINTER, port GAME CONSOLE, port FireWire, port VGA Integrated, port SOUND. Port-port ini berada pada bagian belakang CPU dan letaknya saling berhimpitan. Dari port-port ini akan disambungkan dengan perangkat luar lainnya seperti keyboar atau speaker. Lihat gambar!

5. Slot Memory

Slot memory merupakan tempat dudukan untuk memory utama. Letaknya tidak jauh dari processor, tepatnya dibawah processor. Jumlahnya paling sedikit adalah 2 buah dan paling banyak adalah 4 buah. Semakin banyak slot yang ada maka semakin baik, karena kapasitas memory yang dapat ditanamkan didalam komputer bisa semakin besar. Pembahasan tentang memory lebih lanjut ada pada bagian memory. Lihat gambar!

6. Slot Power

Bagian ini merupakan tempat bagi mainboard untuk mendapatkan daya listrik, tempat dudukan untuk kabel dari power supply. Jumlah pin yang terdapat pada slot power ini adalah 24 buah. Letaknya ada dibagian bawah memory. Lihat gambar!

7. Port Hardisk, CD-ROOM, Floopy

Bagian ini merupakan tempat untuk menghubungkan hardisk, cd-room, dan floopy. Untuk hardisk dan CD-Room ada 2 pilihan slot, yakni slot IDE yang bentuknya lebih besar dan slot SATA yang bentuknya lebih kecil. Sedangkan slot floopy bentuknya hampir sama dengan slot IDE. Lihat gambar!

8. Port PCI (Expansion Card)

Merupakan port tambahan untuk memasang card-card selain VGA pada mainboard, seperti Soundcard, Modem, LAN Card dan lainnya. Port ini terletak disebelah port VGA dengan bentuk yang hampir sama dan biasanya berwarna putih. Lihat gambar!

2.6.2 Hardisk Drive

Hardisk merupakan komponen vital dalam sebuah PC karena pada komponen inilah semua data-data dan aplikasi yang ada di PC disimpan.

Hardisk dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan teknologi transfer data yang digunakannya, yaitu ATA (Advanced Technology Attachment) atau yang lebih dikenal dengan IDE (Integrated Drive Electronics), dan SCSI (Small Computer System Interface). Standar ini diperkenalkan oleh IBM.

Pada PC, hardisk yang digunakan biasanya dari jenis IDE, sedangkan pada server biasa digunakan jenis SCSI. Hardisk SCSI memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibanding dengan IDE. Namun perkembangan teknologi membuat hardisk jenis IDE semakin cepat dan mendekati kecepatan hardisk SCSI.

Hardisk dijual berdasarkan kapasitas dan kecepatan rotasi yang ada. Semakin cepat putaran sebuah hardisk, semakin cepat data yang dapat ditransfernya.
Kapasitas hardisk yang beredar di pasaran mulai dari dibawah 800 MB, 1 GB, 4 GB, 8 GB, 10 GB, 20 GB, 30 GB, dan sebagainya. eknologi terbaru memungkinkan sebuah hardisk mampu menyimpan data sampai dengan 100 GB.

Produsen hardisk yang cukup dikenal di Indonesia adalah Seagate dan Maxtor.

Diposkan oleh Welcome to my paradise di 17.15 0 komentar

2.6.3 PROCESSOR

Digital Signal Processor atau DSP adalah sejenis mikroprosesoryang didesain/dirancang khusus untuk pemrosesan isyarat digital (digital signal processing). Biasanya komponen elektronika digitalini dipakai untuk komputer yang memerlukan waktu tanggap (response time) yang cepat (untuk real-time applications).

Ciri khas dari DSP meliputi:

  • dipakai untuk pemrosesan real-time
  • mempunyai ADC (Analog to Digital Converter) pada bagianinput dan DAC pada bagian output
  • mempunyai kinerja (performance) yang optimal untuk streaming-data
  • menggunakan arsitektur Harvard (memori program dan data terpisah)
  • memiliki instruksi khusus untuk pemrosesan SIMD (Single Instruction, Multiple Data)
  • tidak memerlukan hardware khusus untuk operasi multitasking
  • mempunyai kemampuan DMA (Direct Memory Access) jika dipakai sebagai host system.

Semua operasi DSP sebetulnya bisa dilakukan pada mikroprosesorumum (general-purpose microprocessor). Akan tetapi, DSP memiliki sistem arsitektur yang telah di-optimasikan untuk lebih dapat mempercepat pemrosesan signal (isyarat). Optimasi ini juga penting sekali artinya dalam kaitannya untuk menekan biaya, penghantaran panas (heat emission), dan penggunaan daya (power consumption).

Diposkan oleh Welcome to my paradise di 16.59 0 komentar

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Memanfaatkan teknologi ini tampaknya biaya yang lebih efektif

maka banyak solusi yang ada proprietary. Adalah penting untuk

perhatikan beberapa solusi kepemilikan menerapkan praktik

yang meniadakan kunci pada saat masuk ke perangkat yang lebih lanjut

meningkatkan keamanan. Untuk pertama kalinya, sebuah CPU komoditas

vendor telah memperkenalkan cukup melekat kriptografi

kemampuan dalam penyampaian sehingga kriptografi

teknik dapat diperkenalkan ke pengguna internet dalam

kios jaringan siklus banyak aplikasi.

3.2  Saran

Ø  Bagi pembaca di harapkan mengamalkan ilmu yang di dapat setelah membaca makalah ini.

Ø  Jangan pernah menganggap bahwa belajar Pengantar Teknologi Informasi itu membosankan karena sebenarnya belajar Pengantar Teknologi Informasi itu sangat menyenangkan.

About these ads

~ by ariefstikom on February 3, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: